CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 22 April 2013

Jilbab Si Mata Teduh




Ini adalah kali pertama gue pake baju putih biru. Yoi, masa SMP yang menyambut untuk menyelami dunia keremajaan, dunia gaul, dunia persahabatan (katanya). Kata orang bahkan kata gue sendiri, gue ini termasuk salah satu kandidat orang tercerdas diseantero wilayah gue (dusun rumah gue sih tepatnya), hehe. Siapa sih yang nggak tau nama Arina? cewek super cemerlang anak olimpiade, kece, gaul, gayanya oke punya.. Haha kalo inget gitu gue jadi suka tersapu – sapu malu deh.. ckckck

Kesan pertama memasuki dunia persilatan baru jelas gila gue kepingin nunjukin sesuatu yang berbeda, masa transisi dari yang katanya masa anak – anak ke masa remaja gitu deh. Setelah putar otak sana – sini, belok kanan –belok kiri, maju mundur depan belakang, rasanya gregetan ngumpulin pundi – pundi ide untuk menyambut status gue sebagai siswa baru di SMP. Aha, entah kerasukan benda halus, benda padat atau benda cair. Gue sepontan memutuskan, JILBAB. Keh keh keh, emang nggak bisa dipungkiri kalo gue liat cewek – cewek yang pake jilbab itu kelihatannya adem adem gimana gitu (es kali), apalagi kalo embak – embak yang jilbabnya panjang, keliatannya dewasa banget, pandangannya teduh, alus gitu lah. Haha bodo amat, gue yakin dengan gue pake jilbab kek gini pasti wajah gue namabah oke punya.. dan satu lagi gue kepingin dapet simpati dari si dia.. hehe #gubrak

Arina Azalea, gadis cantik super bening mengepakkan sayapnya mulai menjelajah seantero sekolahan. Namanya, kian menggema memantul dari sudut – sudut sekolah, sudut sudut kelas, samapai sudut kantin. Dari mulai anak baru, pengurus osis, guru – guru, kepala sekolah, mang yang jualan dikantin, penjaga sekolah, tukang kebon sampe mang becak yang suka markir becaknya di depan sekolah,  hampir semua kenal nama beken Arina Azaela. Kyaaahh.. mimpi apa ya semalem, hari itu dihari terakhir MOS (Masa Orientasi Siswa), dan gue dinobatkan sebagai peserta MOS terbaik. Anak baru yang serba baru. Apa ini gara –gara jilbab?

Sttt... jangan bilang siapa – siapa ya. Sebenernya gue nglakuin ini semua karena bosen sama penampilan gue waktu di sekolah yang dulu. Secara, dulu aku sekolah persis di dusun alias kampung rumah gue sendiri, jauuuh bener dari kehidupan kota. Dan sekarang nih ya, gue mutusin untuk hijrah sekolah lanjut pertama di kota,dan kali pertamanya juga gue ngomong pake “gue-elo”. Hahaha, sumpah nggak karuan kacau balaunya.. Gue sempurna jadi anak gaul. Awalnya emang nggak bisa dipungkiri, entah ini yang namanya gejolak remaja atau memang pikiran orang cupu, gue pake nih kain penutup di atas kepala gue (masih mini juga sih) gara – garanya gue pengen narik perhatian temen – temen gue aja, berhubung di sekolah gue yang sekarang ini bisa diitung pake jari yang make jilbab, dan gue yakin dengan kecemerlangan gue akan mengakibatkan semua mata tertuju padaku (PeDe jreng).

Eh seriusan ini ternyata orang yang selama ini gue kagumin (sejak gue ikut MOS) mulai ngedeketin gue lho. Ckck ternyata nih jilbab bikin gue laku juga.. hyahaha. Tau siapa yang ngedeketin? Ketua OSISnya langsung sist. Buset, ini sih nggak sekedar targetan tapi udah melampaui banget. Awalnya Cuma mau ngegaet temen sendiri eh malah orang  nomer 1 diantara murid – murid di sekolah ini yang ngedeketin gue. Sumpah, mujur banget.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, dan kini sudah berganti tahun. Rutinitas gue yang awalnya merah kuning ijo dilangit yang biru kayak pelangi lama kelamaan cuma jadi kaya lampu merah di perempatan pasar. Merah ya berenti, ijo ya jalan, kuning ya siap – siap hati – hati. Udah banyak protesan dari tetangga kamar kos gara – gara temen - temen cowok gue di sekolah banyak dateng ke kosan. Mending kalo ngepel, lah ini malah ngapel. Belum lagi di sekolah, banyak bener tuh yang nulis surat dibungkus pakeamplop  warna empink, caper – caper gitu deh. Kok lama – lama menyebalkan ya? Risih.

Emang sih gue kece (ehm), tapi ya nggak segitunya juga kali, gue punya privasi. Bolak - balik cuma nanya, apa ini gara – gara jilbab? Ketua OSIS berhasil gue gaet,ya walau cuma bertahan 3 hari doang terus gue putusin sih (kasihan ya?),  belum cowok –cowok di kelas atau malah kakak kelas yang (sok) baik mau nemenin pulang. Ampun deh.

Sebegitu dilema mengusik sanubari gue,sebenernya apa yang mau gue cari? Hmmm,, lagi – lagi bayangan si mata teduh lewat persis di depan mata gue. Nggak neko – neko, nggak macem- macem banyak jingkrak kayak gue. Senyum simpul, hanya sekelebat kain yang tertiup sepoi angin. Cantik. 

Nggak tau gimana caranya, nggak tau gimana prosesinya. Walau sesama jenis (cewek), pengen banget rasanya mengenal si mata teduh lebih dekat lagi. Kok bisa ya punya muka yang nyeess gitu (adem maksudnya). Sedangkan gue, jujur deh berdasarkan pengakuan dari cermin yang selalu gue bawa, gue masukin rapi ke dalem tas kalo mau sekolah, cermin itu mengakui kalo muka gue cantik, putih, bebas dari pegunungan berlahar lemak, bebas dari produk pertamina (minyak). Tapi ada satu yang kurang, kurang kharisma (bukan kharisma nama temen gue). Dan lagi – lagi di tengah proses mikirnya gue sekarang, ada yang cengengesan sambil nyanyiin lagu yang liriknya da nama gue, Azalea. Apaan sih.

 Dan bersama dengan guliran waktu,  gue memilih. Memilih untuk cari tau, cari tau tentang  kesejukan yang berhasil mengembun di hati gue, kedamaian yang selalu melegakan, ketenangan yang meredam jingkrakan gue, ketulusan yang tanpa pamrih. Jilbab yang mendamaikan,bukan jilbab yang bikin gue rempong karena banyak digodain cowok – cowok tengil.

            Ya, kini lewat gambaran dari si mata teduh gue udah tau jawabannya. Hehe cengengesan aja kalo gue inget ingin awal mula ini cerita bisa sampe kejadian kek gini. Ternyata sist, semua berawal dari kesalahan gue niat pakenya. Cuma senyum kecut deh gue sekarang, yang lain udah pada berlomba – lomba pake pakean yang rapet bin longgar bin syar’i. Lha gue masing rempong iket sana iket sini ini jilbab, gue macem – macemin ini kain biar kelihatan trendy binti masa kini (versi gue). Dan saat yang lain berlomba – lomba hapalan Qur’an, gue malah tepe tepe. Gubrak banget nggak tuh?

###

Dan taraaaaa... ini hari baru gue.. sekarang gue udah jadi si mata teduh juga :)
Ini cerita gue, Arina Azalea. Cerita loe gimana?




QS. Al-Ahzab: 59, “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.”

“Sesungguhnya setiap amalan hanyalah tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang dia niatkan, maka barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang hendak dia raih atau karena wanita yang hendak dia nikahi maka hijrahnya kepada apa yang dia hijrah kepadanya”. (Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhori dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naishaburi dan kedua kitab Shahihnya yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang)


Mayuria Putoriiiiiii_ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar