CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 30 April 2013

Jogja Istimewa Dihati


Bismillahirrahmanirrahiim...

Jogjakarta, kota dengan sejuta pesona. Bermula dari hampir setahun sekali mudik ke rumah embah yang ada di Bantul dan Gunung Kidul membuatku jatuh cinta dengan kota ini. Seperti ungkapan jawa yang satu ini : “Witing tresno jalaran soko kulino.” Atau dalam bahasa Indonesia-nya adalah “Cinta yang tumbuh karena terbiasa”.




Sejak sekolah, aku sudah bercita – cita untuk meneruskan kuliah di Jogjakarta, kota yang berhati nyaman sebagai kota tujuan pertama untuk meneruskan bangku study. Dan kota targetan kedua jikalau Jogja menolakku adalah kota Bandung. Tak jarang kala itu aku memutar lagu berjudul Yogyakarta dari Katon Bagaskara, sekedar meresapi suasana Jogja agar bisa terpacu untuk kuliah di Jogja, begitu juga dengan FTV berlatar Jogja yang sering ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta menjadi tontonan wajib pasca UN SMA.  Dan alhamdulillah, Jogja mau menerima dan menyambutku dengan hangat hingga detik ini  aku menuliskan ini. Bersama Universitas Gadjah Mada. :’)


KENAPA PILIH JOGJA?
Banyak alasan yang melandasi pemilihan Kota Jogja yang aku nobatkan sebagai kota terfavorit di Indonesia, sampai saat ini (padahal emang belum pernah menjelajah seluruh Indonesia juga sih :p). Oke, ini dia mengapa aku menobatkan kota ini menjadi kota yang amat membekas dihatiku :
1  1. Kondusif
Maksudnya apa? Mehehe. Kota ini adalah kota pelajar, kota budaya, kota pariwisata dan seabrek julukan lainnya untuk kota kesultanan ini. Aku pun sudah membuktikan, aktivitas belajar di kota ini sangat kondusif dan mendukung. Atmosfer para pencari ilmu lalu – lalang di berbagai kampus. Dan pastinya gegara Jogja memiliki sekolah dan kampus – kampus yang berjumlah sangat banyak. Kalau mau liat kampus – kampus di jogja bisa masuk sini ya (daftar kampus yang ada di Jogja).
2  2.  Harga miring
Banyak pertimbangan orang merantau untuk mencari ilmu salah satunya adalah tentang biaya, hehe. Yipi, siapa yang tidak kenal akan kemurahan hati kota Jogja. Dari kuliner-nya, biaya hidupnya, biaya ngeprint (maklum namanya juga mahasiswa), biaya nglaundry, dan masih banyak yang murah – murah lainnya. Pola hidup memang tergantung dari masing – masing orang. Dan jika dibandingkan dengan kota lainnya (tentunya kota yang lebih mahal), pasti Jogja jadi juaranya :D
3  3. Miniatur Indonesia
Kuliah di Jogja membuatku sedikit banyak mengenal berbagai orang dari segala penjuru tanah air. Mulai dari Sabang sampai Merauke ada di Jogja (serius nih). Mulai kenal bahasa Ngapak, Ambon, Sunda, Minang, Kalimantan dll. Jadi kalau mau tahu Indonesia, datanglah saja ke satu kota, Kota Jogjakarta :)
4  4. Gudangnya toko buku
Ini dia surganya para pecinta buku. Aku memilih suatu temapt salah satunya karena ketersediaan toko buku di daerah itu, dan Jogja sudah menjawabbnya. Buku bahan kuliah, buku agama, novel, komik semuanya ada di Jogja dan aku belum pernahnkesulitan mencari buku di Jogja. Bagiku surga dunia = toko buku.^^
   5.  Tempatnya kuliner
Pernah liat sepanjang trotoar disulap jadi tempat makan? Hehehe. Pemandangdangan yang biasa terlihat disekitar kampus UGM adalah jalan Kaliurang mulai dari kopma UGM sampai perempatan kentungan. Sepanjang jalan itu banyak sekali penjaja kuliner. Belum lagi di tempat – tempat lainnya yang biasa jadi tempat langganan saat rapat atau syuro’. Aneka makanan, rasa restoran harga mahasiswa. Jogja bangeetttt :D
    6. Aneka Wisata

 Yang ku tahu pariwisata Jogja adalah yang kedua setelah Bali. Tentunya hal tersebut banyak menarik minat para pelancong dari berbagai belahan dunia untuk datang ke Jogja. Alasannya?
Letak geografis Jogja yang terbilang lengkap karena terdiri dari pegunungan, dataran (kota), perbukitan hingga lautan semuanya da di Jogja. Penat setelah kuliah, bisa langsung capcus jalan – jalan^^. Mau ke pantai tinggal ke Parangtritis atau pantai – pantai yang ada di daerah Gunug Kidul, mau wisata pegunungan tinggal jalan dehh ke Kaliurang, mau wisata agro bisa jalan – jalan ke Imogiri, wisata gua, wisata candi, wisata museum, wisata kraton, wisata kota. Jogja lengkappp bro :D
     7.    Surga Belanja
Yap, siapa yang nggak tahu Malioboro? Pasar Beringharjo? Kota Gede? Kasongan? Pasar – pasar tradisonal? Semuanya dalah tempat terfavoritnya para penggila belanja. Disamping pilihannya banyak, bentuknya unik – unik harganya miring juga karena keramahan para penjualnya yang menjadikan nilai plus saat berbelanja di Jogja.
8. Karena ada mereka 
Mereka yang telah membersamaiku, membimbing meniti jalan-Nya :) Jazakumullah khairan katsir..

Hmm.. Itulah Jogja. Selalu pagi, karena pagi adalah energi. SEMANGAT^^

Alhamdulillah... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar