CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 29 Agustus 2013

Kata orang, saya bermata sipit


Saya kelahiran Jawa Barat, tepatnya berada di sebauah kabupaten sekitar area pantai utara. Sebut saja Indramayu. Ah, bagaimanapun kedaan daerah saya itu, saya tetap tresno dengan tempat itu. 18 tahun full saya berada di sana. Masuk daerah jawa barat bukan berarti saya pandai berbahasa Sunda (inilah yang saya sesali). Waktu duduk di bangku SD saya nggak pernah mudeng dengan yang namanya pelajaran bahasa sunda, paling taunya : abdi, naon, eta, kumaha. Hehe.. Tapi temen sebangku saya jago betul bahasa sunda orang tuanya asli dari Kuningan. How i miss u Nindy Pematasariii >,<
Kedua orang tua saya adalah perantau, beliau adalah pekerja keras sejati. Keduanya berhati mulia, beliau adalah pendidik sejati, hehe. Bapak dan ibu merantau dari dua daerah berbeda namun masih berasal dari prov DIY. Kalau bapak adalah anak pantai, rumah beliau di daerah Selo (Bantul), dekat sekali dengan pantai Samas dan Parangtritis. Kalau ibu adalah anak gunung, agak mau masuk ke daerah Gunung Kidul tapi masih area Bantul rumah ibu di Dlingo. Saya terlahir di Jabar, tapi darah yang mengalir tetap darah bumi Ngayogyakarta Hadiningrat, hehehe. Nah ini dia, mungkin asal muasal saya nggak bisa bahasa sunda. Di rumah, ibu dan bapak saya ngomongnya pake bahasa jawa, di lingkungan Indramayu pakai bahasa Indramayu (campuran Sunda dan Cirebonan) dan bahasa Indonesia. Jadi Sunda nggak terlalu bisa, jawa ngerti tapi susah ngomong. Oke berarti keahliah saya cuma 2 : Bahasa Indonesia dan Bahasa Indramayu (bangga). Padahal saya pengen banget loh bisa benar – benar menguasai bahasa Sunda.. :v

An introduction di dua paragraf pertama. Hehe

Kata ibu, saya terlahir dengan keadaan yang gembul dan berkulit (agak) terang. (sayangnya sekarang udaah jauuh beda T.T). Doyan ngomong dan banyak tingkah, satu lagi : kalau nangis kenceng banget haha. Satu hal yang masih melekat dari dulu sampai sekarang adalah yang terhubung dengan mata. Saya sadar juga sih kalau sudah lihat – lihat album foto – foto saya yang masih kecil, mata saya bisa dibilang “habis’” -,- (tapi tetep lucu jhwe :p).
Kata ibu (lagi), waktu masih balita dulu tetangga - tetangga di sekitar rumah manggil saya dengan sebutan “kubil”. Memori saya sih udah nggak ingat dengan panggilan yang melekat tersebut. Katanya panggilan itu bisa ada karena mata saya yang tinggal garis doang, yang bisa berbentuk melengkung kalau tertawa (waktu itu loh ya, sekarang kagak). Mmmm... penasaran dengan “kubil” barusan saya searching arti kubil :“aku taunya kubil ada hubungannya sama mata. kadang2 bilang sipit = kubil. tapi kubil itu kayak lebih dari sipit tapi semacam "bengkak". Ngeeeekkk jadi tetangga saya salah membahasakan dong. Padahal mata saya kan nggak bengkak, Cuma garis doang =.=
           
Memasuki masa SD
Dulu saya nggak mau masuk sekolah TK. Karena apa? Sekolah TK nya sekomplek sengan sekolah SD tempat ibu saya mengajar, jadi kalau udah mulai masuk kelas di TK pasti saya akan langsung ngabur ke SD untuk menemui ibu. Saya lebih suka belajar di SD! Akhirnya saya masuk jadi anak bawang di SD (padahal belum waktunya sekolah SD). Hehe..
Yeh, di SD panggilan saya unik. Waktu kelas satu (kelas usia normal) saya memperkenalkan diri dengan nama lengkap (padahal yang lainnya nama panggilan). MAYLIA PUTRI. Tapi apa yang mereka dengar? MELIA PUTRI. Oh God, 6 tahun di SD saya dipanggil MELIA T.T, kalau nggak ditambah “mata sipit”. Harusnya memperkenalkan diri dengan menyamakan panggilan di rumah saja ya “LIA” Tapi, sudahlaah.. Toh saya sudah lebih populer dengan MELIA dan mata sipitnya. Di sekolah ngaji sore hari juga panggilanya tetap gitu. Errrr... Saya juga bingung, kedua orangtua saya matanya nggak begini, kedua kakak saya juga matanya nggak begini. Lalu?

Memasuki masa SMP
Saya masuk di SMP kota yang lumayan jaraknya jauh dari rumah. Harus naik dua kali angkutan umum untuk sampai ke sekolah. Baiklah, di SMP juga panggilan saya berubah. Mmmm... saya memperkenlkan diri dengn mencoba melafalkan secara jelas. M A Y L I A PUTRI. Tapi teman – teman saya manggilnya malah MEY -.- Dibenarkan tetep susah. MAY tetep dibilang MEY. Ah sudahlah... malah kadang dipanggil memey T.T. Yeh lagi lagi ada juga yang mengomentari mata saya dengan sebutan mata sipit. “Eh si mata sipit” kalau ngga “China China China”. Iiissshhh.. Padahal waktu itu udah nggak sipit – sipit amat (kata saya). Aaaahh.. saya kangen teman sebangku saya waktu SMP : Resha Amalia Putri (VII), Rizka Peliani (VIII) dan sekarang yang lagi jadi mahasiswi Al Azhar Kairo Putri Rezeki Rahayu (IX). Apa kabar kaliaaaannnn???

Memasuki masa SMA dan kuliah
Nah, kali ini mereka baru bener manggil saya dengan sebutan MAY. Sip deh :) Di SMA desas desus mata sipit mulai terasa waktu kelas XI. Teman – teman sering banget menyuruh saya untuk “melek”. “Ini udah melek woy” sering saya menanggapi dengan kalimat itu atau saya suka ngeles dengan kalimat ini “itu cuma gara – gara efek kacamata kali”. Sebut saja nama mereka : Rizal (polban), Dekha (ITB), Ikang (unpad), Andika (UGM), Anjar (IPDN), Edu (UPI), Permana (UNS), Firman (polban), dan ada satu anak cewek yang sering manggil saya dengan “sipit” namanya Indi (sekarang diia di unpas). Heyyy kalian “pengacau” hehe, gimana kabarnya, kangeeennn?? >__< Ada satu orang lagi yang biasanya dia sering menyebut kalimat ini “itu matanya habis”. Gubrak banget deh. Dia salah satu temen satu gank saya, haha. Namanya Albi (UGM). Apa bro dokter? XD
Di tempat kuliah ada – ada juga yang mengomentari mata saya. Dibilang sipit (lagi) lah, disuruh buat melek – lah, ditantangin buat melotot-lah..  Haha macam macam ragamnya.

Kalau ngaca sendirian sih saya rasa ini nggak garis – garis amat, masih keliatan kok kalau ada matanya. Cuma kalau ngacanya bareng – bareng... ya no comment lah --,--
Mmm betapapun bagaimana adanya, sekalipun di rumah nggak ada yang nyamain mata saya. Saya tetap bersyukurr.. Lucu juga sih kalau liat foto foto kecil dulu. Rambut lurus ikat atas, nyengir dengan gigi susu yang udah copot dan mata yang agak kayak garis. Unyuuu..  XD (tapi sekarang kagak).

Hihi.. unik juga ya. Pertanyaan lagi : “Jadi saya anak siapa?”. Mmm,, setelah saya minta klarifikasi dari kakak saya perihal kelahiran saya beliau berani jamin bahwa saya adalah anak ibu dan bapak soalnya mbak saya ingat kapan saya dilahirkan dan saya dilahirkan di rumah jadi ngggak mungkin ada peristiwa putri yang tertukar. Hehehe, aman! :3 

Terus sipitnya dari mana? Wallahu a’lam..
"Terus sekarang masih sipit ya?" =.=

















Sumber gambar : googling yotsuba

1 komentar:

  1. Salam kenal dari orang Kuningan aseli yang nggak Jago bahasa Sunda, hehehe... Kakara nyaho arti kubil... 😀

    BalasHapus