CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 23 Agustus 2013

Penjara Gigi


Entah untuk yang ke berapa kalinya keinginan – keinginan iseng saya yang akhirnya terwujud, harusnya ini juga sebagai pengingat bahwa sesuatu yang iseng saja Allah mengabulkan, apalagi jika kita bisa meminta dengan sungguh – sungguh?

Keinginan – keinginan iseng itu diantaranya adalah : ingin pakai kacamata kalau udah gede, dan saat SMP kelas VII keinginan itu terwujud, langsung jreeng minus 2 (sekarang udah minus 5 T.T hiks). Ingin punya kamar di lantai dua dan saat kuliah ini saya mendapatkan kamar pojok di lantai dua, hehe. Karena hobi saya nge-bolang, saya suka menikmati sepanjang jalan hanya untuk berdiskusi dengan hati atau bahasa lainnya adalah ngomong sendiri, tanya sendiri dan jawab sendiri (dalam hati), dan sepanjamg jalan yang dilalui kadang saya berkeinginan “Ya, Allah semoga besok – besok dikasih kesempatan untuk nyobain jalan belok kanan lampu merah itu ya..” bisa juga “ya Allah, semoga kapan – kapan saya disempatkan jalan – jalan lewat situ.” Dan pada hari – hari atau kesempatan berikutnya Allah mengabulkan, dan ini seriiiiing^^
Keinginan iseng lainnya adalah selintas keinginan untuk nyobain yang namanya pakai behel (sama sekali cuma melintas, nggak pake mampir maupun sampai bermukim XD).Mungkin keinginan itu iseng melintas saat jaman SMA. Kalau kalian mengira saya adalah perempuan yang “suka dandan” (alat make up dan perlengkapan yang lengkap) / “modis” / “ngkutin trennd” / gaya – gaya /unyu – unyu kayaknya salah besar deh. Soalnya saya lebih suka yang simpel – simpel aja : baju bersih, setrikaan, nggak bau kringet, matching warnanya dan nggak aneh – aneh (syar’i) bagi saya itu udah cukup  :D. Tapi isengnya kenapa saya pernah kepikiran untuk pake behel/ kawat gigi?

Ceritanya waktu tahun 2012, sekitar semester 3 kuliah saya ditawari oleh seorang teman yang sepupunya sedang menempuh pendidikan S2 spesialis ortodentis (spesialis kawat gigi) katanya beliau lagi butuh pasien yang giginya bermasalah (berarti gigi gue bermasalah ya? T.T). Hehe gigi saya alhamdulillah nggak berantakan kok, cuma yang bagian bawah agak nggak baris rapi aja, tapi dikit kok (membela diri). Nah, karena behel pernah jadi keinginan iseng saya dulu, akhirnya saya menyanggupi untuk jadi pasien yang akan menerima perawatan. Sama sekali bukan untuk gaya – gayaan loh, saya cuma ingin tau bagaimana rasanya. Lumayan juga kan nanti giginya bisa jadi rapi^^v
Suatu ketika saya sempat dapat info kalau pasang behel itu bisa sampai jutaan. Wah gile, mending nggak usah pasang aja kalau gitu. Tapi ehh akhirnya, semua itu gratiissss^^ ya hayuk2 aja lahh (mata berbinar ala mahasiswa yang suka dengan gratisan).

Sekitar pertengahan tahun 2012 resmi sudah gigi saya “dipenjara”, tapi sebelumnya di rontgen dulu (duh bahasanya nggak ngerti), pokoknya saya di foto dulu tengkoraknya di RSGM UGM, terus dicetak giginya. Waktu cetak gigi adalah saat – saat yang paling menyebalkan. Beberapa kali gagal karena saya mual – mual, maklum saya nggak biasa dengan benda asing yang dimasukkan ke dalam mulut. Bahkan kayaknya saya nggak pernah ke dokter gigi sebelum – sebelumnya. Terakhir kira – kira waktu kelas 2 SD saya ke Puskesmas untuk cabut gigi susu. Terus nggak pernah tambal gigi, soalnya nggak ada yang berlubang. Cliiiiing :3 *hayoook rajin gosok gigi*
Saat itu saya masih dipakaikan masih pakai kawat gigi (belum pakai behel), jadi bisa di bongkar pasang di bagan rahang atas dan bawah. Awal pakai kenceng banget rasanya, ngilu susah gigit makanan dan ngilunya bisa berlangsung selama 3 harian, setiap habis dikencengin pasti kencengnya luar biasa. Kontrolnya dilakukan setiap 2 pekan sekali, jadi setiap dua pekan sekali 3 hari di awal pasti saya jadi orang paling alim dan tahan lapar, hehe. Dan repotnya adalah kalau mau makan mesti di lepas dulu kawatnya. Lah kalau makan di tempat umum @,@? Dan selain aktivitas makan harus tetap dipakai. Tau susahnya apa lagi? Susahnya ngomong huruf “S”, soalnya yang bakal terucap jadi huruf “Sy” ribet deh kalau pas giliran presentasi. Kalau dalam makhraj mau ngomong “SIN” (tanpa titik), malah keluarnya jadi “SYIN” (titik 3). Jadi, saat tilawah juga ini kawat saya lepas biar pengucapannya bener (berusaha lah..).
Pemenjaraan gigi dengan kawat bongkar pasang (istilahnya apa yang di kedokteran gigi? Saja nggak cukup paham, jadi bahasanya semau gue, hehe) sudah berlangsung selama setengah tahun, dan kurang ada perubahan. Di awal – awal saya rajin pakai tapi makin kesini saya diam – diam suka membebaskan gigi – gigi saya dari jeruji kawat tersebut, susah euy ngomongnya.. Hihi (ampun kalau dokternya baca). Karena gigi saya bandel, akhirnya dokter tersebut memutuskan galau gigi saya harus dipenjara permanen alias di behel. Yes! :D

Pembehelan dilakukan bulan Januari 2013, tentunya sebelum benda – benda asing itu ditempel di gigi, lagi lagi saya harus mengalami yang namanya cetak gigi. Cetak gigi itu biasanya diilakukan pakai semen (bukan semen 3roda atau indocement loh, ngeri amat), nggak tau nama semennya apa tapi biasanya berwarna biru atau pink dan rasanya mint. Semennya terlebih dahulu dibikin adonan, setelah adonan jadi (kentelnya pas), ditaroh di tepat yang diipakai untuk mencetak gigi, baru deh dimasukkan ke mulut, trus tunggu sampai agak mengeras, baru deh dicabut diambil dari mulut. Kalau terasa mual kata dokternya coba disiasati dengan menunduk dan tarik napas dari hidung jangan dari mulut (jangan tanya alasan, soalnya saya nggak mudeng. Nurut aja deh, Insya Allah manjur^^). Porses setelah dari cetak mencetak saya nggak tau, soalnya dokternya itu ngerjainnya di rumah (nggak langsung di depan saya).

Pembehelan itu sangat melelahkan bagi saya, tentu bagi dokternya juga. Kenapa? Satu per satu dari total jumlah gigi harus dibersihkan terus diolesin macem macem : ada yang rasanya kecut (katanya sih untuk pembuka pori – gigi), sama yang pahit sebagai lem-nya kemudian satu per satu bracket dipasang di gigi, teru baru dimasukin kawat, proses akhir baru di kasih karet (yang kelihatan warna – warni. CMIIW :3 Nggak tau ini pakai metode yang mana, tapi yang saya alami yyang seperti ini.
Bedanya yang saya rasain antara pakai kawat bongkar pasang dan behel adalah kalau behel ngomongnya nggak susah & nggak bisa di bongkar – bongkar sendiri. Tapi ngilunyaaaaa Masya Allah, bisa berkali – kali lipat dibandingkan dengan kawat bongkaran. Makannya juga bakal lebih susah, soalnya nyangut – nyangkut. Gigit pake gigi depan susah, mencabik pake gigi taring, ngilu. Rasanya nano – nano, antara pilih laper apa pilih sakit plus makan lama, kurang lebih gitu. Dan bakal lebih sering merasakan sariawan :’( katanya sariawan juga bisa dipicu dari stres juga sih. Atau kalau saya pribadi, sariawan itu bisa terjadi biasanya kalau baru ganti karet gigi, banyak tugas dan menjelang “dapet”. Ngebayang rasanya saat makan ketika gigimu ngilu dan membentur – bentur sariawan? T.T
Tips bagi yang ber-behel ria :
1.     Rajin – rajinlah gosok gigi.
Secara, makan akan lebih banyak nyangkut. Maka dari itu tetep harus jaga kesehatan mulut. Alhamdulillah-nya saya udah membiasakan diri dalam waktu yang memungkinkan (nggak bepergian/yang ribet – ribet), tiap mandi, tiap mau sholat (mau menghadap Allah kan kudu bersih :D ), dan sebelum tidur saya selalu gosok gigi. Tips biar gigi nggak bolong juga nih..
2.    Perhatikan cara gosok gigi
Kalau biasanya nggosoknya brutal nggak terarah, coba deh cara menggosoknya diperhatikan. Itu loh, takut yang masih nyangkut belum kesikat.. Coba sikat giginya diarahkan ke atas dan kebawah juga.. Gosok sampai bersih^^
3.    Pilih pilih odol
Kalau bener – bener lagi ngilu, coba pilih odol yang khusus gigi sensitive. Tapi kalau saya sih lebih seneng pake yang kerasa banget mint-nya biar seger^^ Biasaya saya pake SIW*K (bukan promosi) hehe
4.    Kunyah – kunyah permen karet mint
Pokoknya kunyah aja deh (beli kalau lagi punya duit), bisa membantu memutihkan gigi. Permen karet yang mint loh, bukan lolipop.. XD
5.    Nggak usak keseringan nyengir garing
Pamer gigi berwarna? Hmm.. harusnya sih malah malu, soalnya pakai behel itu mengindikasikan kalau gigi kita bermasalah (sedih T.T) kecuali kalau emang niatnya caper dan gaya – gaya (itu malah nggak boleh :) )
6.    Rajin kontrol ke dokter
Rajin kontrol dan kalau ada yang lepas segera bilang ke dokternya.
Nah gimana kalau ketelen?
Dari nelen karet sampai bracket nya saya udah pernah. Kalau karetnya doang sihh nggak papa ya, saya masih bisa santai. Lah waktu itu tanpa sadar, setelah ngunyahh & nelen oseng kangkung ngerasa ada yang ilang. Panik lah, muka pucat. Pikiran saya : pasti bakal di OPERASI (horoor banget). Dan saya memutuskan untuk segera telpon dokternya, katanya nggak papa, nanti bakal keluar sendiri.. Fyuuhh alhamdulillah. Tapi jangan sengaja banget untuk nelen loh ya, mentang – mentang laper XD

Nah itu dia, behel itu bukan untuk gaya – gaya, bukan untuk pamer kalau giginya warna – warni. Lebih-kan untuk kesehatan dan kerapihan. Apalagi perempuan, pokoknya kebersihan mulut itu penting banget. Kerapihan juga bisa jadi nilai plus (tapi nggak usah maksa juga). Karena perempuan itu makhluk indah kan? *nyengir*
Kalau saya harus bayar ber juta – juta, saya juga ogah kok, tapi ini alhamdulillah rizki^^ Simbiosis mutalisme : gigi saya bisa dirawat & rapi, dokternya bisa menyelesaikan studinya :D
Kalau hanya untuk sekedar gaya – gayaan pertimbangkan lagi : pake behel itu sama sekali nggak enak, kenceng, linu sampai kadang bikin pusing. Akibatnya bisa jadi males ngomong, makan susah dan berakhir pada emosi dan derita belum lagi kalau kegetok alatnya bisa bikin sariawan.. hiiiyyy serem. Apalagi kalau sampe kepikiran pake behel yang beli di pasaran yang harganya 15.000an. Aaaaahhh jangan sampaiii, ini perlu penangan khusus dari sang ahlii..


.:Semoga bermanfaat :)
@mayliaptr


4 komentar:

  1. mb, trus giginya dah gmana mb skrg kl psg di ugm itu? dh rapi? tq

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak kok bisa dapet gratis gitu? Boleh dong dapet juga hihi

      Hapus
  3. Boleh dong mba kalau ada coas yang butuh pasien hehe

    BalasHapus