CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 29 Agustus 2013

Tempat – tempat penting sekitar kampus UGM #1


        Pendatang baru tentunya perlu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dan akan lebih mudah jika kita sudah mengetahui paling tidak gambarannya. Untuk adek – adekku Gamada UGM, saya sudah merasakan bagaimana rasanya buta arah dan kesulitan mncari tmpat – tempat strategis ang biasanya urgent banget harus dikunjungi atau harus kesana. Hehe
         Bismillah.. 
     insya Allah saya akan menge-share beberapa tempat yng biasanya bakal dikunjungi oleh mahasiswa UGM atau kampus yang masih berada di kota Yogyakarta misal : UNY, UIN, Sanata Dharma dan beberapa kampus lainnya..
  •  Masjid sekitar kampus UGM (yang ada kajiannya)
Beberapa masjid di sekitar kampus biasanya memberikan fasilitas kajian. Kenapa saya taruh masjid di bagian awal? Jawabannya karena ini penting. Ehehe.. Menurut saya kalau cuma kos (doang), pasti asupan materi pencerahan berupa ilmu agama akan sangat kurang, apalagi kalau kita malas memabaca dan cari tahu.
Karena setau saya mata kuliah agama Islam di UGM hanya ada sebanyak 2 SKS. Pertemuannya  hanya sekali dalam sepkan dan itu juga hanya brlaku selama satu semester, padahal mahasiswa S1 dengan kelulusan normal menempuh jangka waktu 4 tahun untuk lulus dan mahasiswa d3 membutuhkan waktu normal untuk lulus selama 3 tahun. Keseharian kita tentunya tidak bisa lepas dari aktivitas ibadah, tapi sayangnya pelajaran agama hanya ada 2 sks. Nah, ini dia cara menyiasatinya, kita bisa cari dan menambah ilmu lewat kajian – kajian yang diadakan di masjid sekitar kampus. Beberapa masjid di bawah ini yang terdekat dengan UGM dan menyelenggarakan kajian :

- Mushola – mushola yang ada di fakultas
Biasanya mushola yang ada di fakultas memfasilitasi kajian – kajian untuk civitas akademika yang ada di lingkungan kampus tersebut yang dikelola oleh LDF (Lembaga Dakwah Fakultas) kalau di SMA biasanya namanya Rohis. Contohnya kalau di Mushola MIPA biasanya ada KRS (Kajian Rabu Sore).

- Masjid Kampus Ugm
Maskam (Masjid Kampus) biasanya insya Allah selalu ngadain kajian di setiap pekannya. Untuk update-an  jadwal kajiannya, silahkan dilihat di papan informasi sekitar maskam atau tanya di pengurus LDK (Lembaga Dakwah Kampus) namanya LDK nya Jamaah Salahudin.

- Masjid Mardliyah
Letaknya di sekitar area kampus klaster kesehtan atau lebih tepatnya di samping sebelah selatan RS Sardjito. Biasanya disini ada kajian KRPH (Kajian Rutin Pagi Hari) dan ada kajian manhaj di setiap Ahad sore.

- Masjid Nurul Ashri Deresan
Tempatnya dekat dengan Fakultas Petrnakan di daerah Dersan. Biasanya di masjid ini banyak kajian dengan diisi oleh ustadz yang ada di daerah jogja maupun ustadz dari luar jogja. Seru.

- Dan masjid – masjid lainnya juga masih banyak




~~~bersambung...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar