CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 23 September 2013

Sariawan

sumber gambar : kwangrincho.wordpress.com
Sariawan adalah salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh manusia. Sariawan, yang nama medisnya disebut sebagai stomatitis aphtosa merupakan penyakit pada selaput lendir mulut. Akan terlihat seperti bercak putih kekuningan dan biasanya terlihat cekung di bagian tengahnya. Rasanya tau sendiri lah ya.. perih perih nyeri gitu laaahhh.. Ya namanya juga luka.

Oke, karena beberapa ini saya lagi sariawan termasuk hari ini lagi puncak - puncak perihnya maka saya akan nge-post tentang sariawan.. *apa hubungannya*

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya sariawan yang sering biasa terjadi karena kegigit, makan terburu buru hingga salah gigit mangsa. Selain itu ada faktor lain yang bisa memicu sariawan misalnya  vitamin C dan zat besi, kawat gigi, stres dan depresi yang membuat mulut kering dan kondisi tubuh yang tidak prima.Faktor lainnya juga bisa jadi dari faktor kesehatan tubuh secara umum yaitu ada penyakit yang menadasari misalnya anemia, kelainan usus, kelainan darah (leukimia) atau penyakit sistemik lainnya.

Umumnya, lamanya sariawan bisa sekitar  7 – 14 hari dan bisa sembuh sendiri.Nah hati hati kalau sampai melewati batas 2 pekan.

Naaaah, untuk mengantisipasi datangnya rasa perih pada mulut (sariawan) tentunya bisa dijaga dengan menjaga kebersihan mulut (sikat gigi yang rutin), hati - hati kalau makan (jangan salah mangsa), hindari makanan yang bikin alergi, perbanyak konsumsi sayur dan buah dan jangan streeesssss!!! >.<

Huoo.. saya baru tau kalau ternyata stres juga bisa memicu munculnya sariawan. Hal tersebut pertama kali dikasih tau oleh dokter gigi, yang kebetulan saat saya kontrol seringnya saya lagi sariwan.
"Kamu lagi stres ya?" Beliau sempat nanya begitu
"Kok sariawan lagi? lagi banyak tugas? Beliau kembali menanyakan begitu

Hhh.. nggak tau-lah ini namanya stres atau bukan. Yang jelas sih, tugas lagi lumayan banyak. -,-

Semoga sakit di pojokan bibir ini dapat dijadikan pelajaran untuk jangan terlalu bawel & selalu mengontrol lisan. Semoga jadi penggugur dosa juga.. aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar